Contoh Desain Rumah Modern Type 36

Posted by resrsr on Friday, November 9, 2012


Desain Rumah Modern Type 36 - Gaya arsitektur perumahan-perumahan di Indonesia saat ini tidak terlepas dari pengaruh globalisasi. Dimana banyak arsitek lulusan luar negeri, ataupun yang memeng jebolan universitas dalam negeri tetapi sangat terpengaruh kemajuan arsitektur barat. Hal ini tidak terlepas dari semakin majunya Teknologi Informasi di tanah air, sehingga informasi terkini tentang gaya arsitektur dari luar negeri bisa dengan cepat masuk ke dalam negeri.

Contoh Desain Untuk Rumah Modern Type 36

Gambar di atas adalah desain rumah type 36 yang merupakan salah satu peserta dalam acara Expo Fair Job di SMK NEGERI 2 GARUT. Desain tersebut mengusung tema modern minimalis, untuk rumah type 36.Rumah dengan type 36 merupakan rumah-rumah standar bagi perumahan sederhana di Indonesia. Dengan luas bangunan yang cukup dan luas tanah yang tidak terlalu luas. Rumadhmodern type 36 bisa menerapkan desain yang kontemporer, namun tetap terrlihat modern.

Luas Tanah Desain Rumah Modern Type 36

Rumah ini dibangun di atas tanah berukuran 70 m2, yang termasuk lahan yang cukup luas untuk dibangun rumah type 36 m2. Karena dengan begitu perbandingan antara KDB (Koefisien Dasar Bangunan) dan KDH (Koefisien Dasar Hijau) akan proporsional, artinya masih tersedian daerah resapan air hujan.

Tata Ruangan Desain Rumah Modern Type 36

Tata ruang rumah ini terdiri dari ruang serbaguna, 2 ruang tidur, dapur, kamar mandi, dan carport. Ruang serbaguna berukuran 3m X 4m berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga atau ruang lainnya. Ruang tidur utama berukuran 3m X 2,5m terletak di sisi kiri dari ruang serbaguna, sedangkan ruang tidur anak berukuran 2,5m X 2,5 m terletak dibagian belakang ruang serbaguna. Dapur berukuran 2m X 1,5m, sedangkan kamar mandi berukuran 1,5m X 1,5m. Dapur dan kamar mandi termasuk area servis sehingga diletakkan di bagian belakang rumah. Carport berukuran 4m X 3m tersedia dibagian kiri depan rumah.

Finfishing Exterior Desain Rumah Modern Type 36

Bangunan modern ini tampil dengan gaya minimalis. Penyelesaian pada dinding bangunan menggunakan cat warna putih dan oranye. Kolom-kolom di teras depan diberi motif garis-garis horisontal berwarna abu-abu agar berkesan lebar. Begitu juga dengan ornamen horisontal mirip jalusi di bagian atas kolom menambah kesan lebar pada tampak bangunan.

Jendela pada ruang tidur bagian depan diapit oleh dua dinding vertikal hingga ke bagian bawah carport. Dinding tersebut dicat oranye sehingga mempertegas keberadaan jendela. Kusen jendela dan pintu menggunakan alumunium yang praktis dan ringan. Agar penghuni merasa nyaman, disediakan lubang angin berbentuk persegi yang hadir ditiap ruangan sebagai ventilasi udara.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment