Tips Mendesain Ruang Bermain Anak

Posted by resrsr on Thursday, January 3, 2013

Mendesain Ruang Bermain - Anak merupakan anugerah yang terindah dalam sebuah keluarga. Kehadiranya bisa menceriakan suasana rumah Anda. Dan seiring denga bertumbuhnya anak, makan perlu diciptakan sebuah ruang tersendiri untuk ruang bermain anak agar anak merasa betah. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat mencoba mendesain ruang bermain untuk anak. Apa saja hal penting tersebut?

Tips Membuat Desain Ruang Bermain Anak 


Pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan ruang dengan kebutuhan si anak. Misalnya, anak di bawah lima tahun (balita) tentu menginginkan ruang gerak yang lebih nyaman dan tidak ribet. Selanjutnya adalah melakukan spesifikasi terhadap bagian-bagian ruang beramain anak tersebut sesuai dengna kebutuhan ruang bermain anak tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Lantai ruangan ruang bermain anak

Karena ini untuk ruangan bermain anak, maka sebaiknya lantainya diperhatikan perlu menggunakan karpet atau tidak. Jika Anda memutuskan menggunakan karpet, maka pilihlah karpet yang mudah dibersihkan dari noda. Tidak hanya itu, karpet juga harus yang tidak mudah terbakar dan pastikan produknya yang non-toksin dan non-alergi.

Keselamatan ruang bermain anak

Jika menggantung furniture, pastikan dipaku dengan kuat sehingga tidak terbalik. Kalau ruangan dilengkapi jendela, maka pastikan bukan model jendela yang tergantung tali sehingga bisa membahayakan anak-anak.

Wallpaper ruang bermain anak

Demi menjaga suasana tidak membosankan, Anda bisa menggunakan wallpaper sehingga bisa diganti sewaktu-waktu sesuai keinginan anak-anak Anda. Wallpaper sangat pas untuk dekorasi dinding ruang bermain.

Warna cat ruang bermain anak

Untuk menambahkan keceriaan suasana, Anda bisa mengecat dinding ruang anak dengan warna-warna yang terang, seperti merah, pink, hijau, ungu muda, kuning atau oranye. Suasana ria akan lebih muncul apabila ada gambar-gambar kartun kesukaan sang anak di dinding.

Sirkulasi udara ruang bermain anak

Dan untuk menciptakan kenyamanan, salah satu yang harus Anda perhatikan adalah suhu udara di ruangan. Tahu saja, kalau si kecil sudah bermain, gerakannya sangat lincah sehingga membuat anak cepat berkeringat. Kalau memungkinkan, pasanglah pendingin ruangan (AC) di ruang bermain, dengan suhu sekitar 20 derajat hingga 28 derajat celcius. Suhu itu cukup nyaman bagi si kecil untuk terus beraktifitas dan untuk tidur.
Itulah beberapa tips mendesain ruang bermain anak yang dapat kami share. Semoga dengan tips tersebut dapat menjadi inspirasi bagi Anda semua untuk menciptakan ruang bermain anak yang aman, nyaman dan sehat.
Selamat berkreasi.

Tips Mendesain Ruang Bermain Anak
Tips Mendesain Ruang Bermain Anak

Source: Rumah Minimalis

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment